|
Penulis : Santi Susantini, dkk |
Pengertian Kantor
Terminologi
kantor memiliki arti sempit dan luas. Kantor dalam pengertian sempit
dipahami sebagai tempat melaksanakan kegiatan administrasi
sedangkan kantor dalam pengertian luas dipahami sebagai penyedia layanan
informasi dan komunikasi. Secara etimologis kantor berasal dari bahasa
Belanda "kantoor" yang memiliki arti:
- Ruang atau kamar kerja, atau ruang tulis;
- Markas, atau ruang (kompleks)
- Biro atau tempat kedudukan dari pimpinan suatu administrasi;
- Instansi, badan, jawatan, perusahaan.
Sementara beberapa ahli menyebutkan tentang pengertian kantor adalah:
- Prajudi Atmosudirdjo kantor adalah tempat atau pusat, markas,
gedung, rumah, kamar, ruangan dimana kita sebagai seorang yang mempunyai
tugas, usaha, jabatan, kedudukan, fungsi melakukan pemikiran tentang
segala sesuatunya yang menjadi tanggungjawabnya
- P.W. Betts: kantor merupakan istilah yang digunakan untuk penyediaan
dan pemeliharaan layanan informasi yang efektif melalui jaringan
komunikasi yang handal;
Berdasarkan
pengertian kantor di atas, jelaslah bahwa kehadiran kantor bagi suatu
organisasi sangat penting. Kantor merupakan pusat organisasi yang
memiliki peran sentral dalam kegiatan operasional organisasi. Dibawah
ini memperlihatkan posisi atau fungsi sentral dari sebuah kantor dalam
suatu organisasi.
Fungsi Kantor
Berbagai
kajian mengenai fungsi kantor, berujung pada 2 kategori fungsi kantor.
Meskipun maksudnya sama, namun para ahli menggunakan istilah yang
berbeda untuk setiap kategori, seperti Balachandran dan Chandrasekaran
dalam bukunya “Office Management” menggunakan istilah fungsipokok dan
fungsi tambahan.
Sementara
Rao, M.E.T dalam “Office Organization and Management” membagi fungsi
kantor menjadi fungsi primer dan fungsi sekunder. Arora, S.P dalam “Office Organization and management 2nd” menyebutkan fungsi kantor terdiri dari fungsi rutin dan fungsi manajemen administrasi.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi kantor terdiri dari:
- Fungsi Utama
Fungsi utama kantor adalah mengelola informasi.
Pemahaman ini merujuk pada pendapat Mills & Standingfordyang
menyatakan kantor sebagai penyedia layanan komunikasi dan informasi.
Secara lebih terperinci fungsi utama kantor terdiri dari: menerima
informasi,mengolah informasi, mendistribusikan informasi.
- Fungsi Pendukung
- Melaksanakan fungsi manajemen
- Merancang sistem dan prosedur kantor
- Mengendalikan formulir kantor
- Menjamin ketersediaan alat tulis dan perlengkapan kantor
- Menjamin ketersediaan peralatan, furniture dan mesin kantor
- Menjamin keamaan aset
- Melaksanakan hubungan masyarakat
Diposkan oleh
Unknown