• About
  • Daftar Isi
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

Referensi Plus

Penyedia referensi belajar khususnya bidang administrasi perkantoran

  • Home
  • Bidang Kejuruan
    • Pengantar Ekonomi dan Bisnis
    • Pengantar Administrasi Perkantoran
    • Pengantar Akuntansi
  • Dasar Kompetensi Kejuruan
    • Otomatisasi Perkantoran
    • Korespondensi Bahasa Indonesia
    • Korespondensi Bahasa Inggris
    • Kearsipan
    • Simulasi Digital
  • Kompetensi Kejuruan
    • Adminisrasi Kepegawaian
    • Administrasi Keuangan
    • Administrasi Sarana dan Prasarana
    • Administrasi Humas dan Keprotokolan
  • Dunia Pendidikan
    • Latihan Soal
    • Teknologi Pendidikan
    • Penelitian Perkantoran
Home » Bidang Kejuruan » Pengantar Administrasi Perkantoran » Pengertian Lengkap Administrasi

Pengertian Lengkap Administrasi

Unknown
Bidang Kejuruan, Pengantar Administrasi Perkantoran
5.11.16
http://referensi-plus.blogspot.co.id/
Penulis : Santi Susantini, dkk

1.1. Pengertian Administrasi secara etimologis

Secara etimologis, kata administrasi berasal dari bahasa Latin “ad+ministrare”   dan ”administratio”. ad+ministrare berarti melayani, membantu   atau   memenuhi   (The   Liang   Gie,   1965),   sementara administratio artinya pemberian bantuan, pelaksanaan, pimpinan dan pemerintahan (Atmosudirdjo, 1986).

Dalam bahasa Belanda administrasi berasal dari kata “administratie”yangmeliputikegiatancatat mencatat, surat menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainyayang bersifat teknisketatausahaan atau dikenal juga dengan istilah clrecical work. (Suwarno Handayaningrat, 1988: 2).

1.2. Pengertian Administrasi Menurut Beberapa Ahli

Beberapa pengertian administrasi menurut para ahli, diantaranya:
  1. Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977) segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.
  2. Parajudi Atmosudirjo, pengendalian dan penggerak dari suatu organisasi sedemikian rupa sehingga organisasi itu menjadi hidup dan bergerak menuju ketercapainya segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh administrator yakni kepala organisasi.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, administrasi sebenarnya dapat dikelompokan kedalam 2 kategori, yaitu:

a. Pengertian Administrasi Secara Sempit

Administrasi disamakan dengan kegiatan Tata Usaha  yang  berarti suatu pekerjaan yang sifatnya mengatur segala sesuatu pekerjaan yang berhubungan dengan tulis-menulis, surat-menyurat dan mencatat/membukukan setiap perubahan atau kejadian yang terjadi di dalam organisasi” (The Liang Gie,1972).

b. Pengertian Administrasi Secara Luas

Administrasi dalam arti luas dapat didefinisikan sebagai kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya  untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Diposkan oleh Unknown
Tweet
Pengertian Lengkap Administrasi Title : Pengertian Lengkap Administrasi
Description : Penulis : Santi Susantini, dkk 1.1. Pengertian Administrasi secara etimologis Secara etimologis, kata administrasi berasal dari...
Rating : 5
← Newer Post Home

Labels

  • Administrasi Humas dan Keprotokolan (5)
  • Administrasi Kepegawaian (1)
  • Administrasi Keuangan (1)
  • Administrasi Sarana dan Prasarana (1)
  • Kearsipan (1)
  • Korespondensi Bahasa Indonesia (1)
  • Korespondensi Bahasa Inggris (1)
  • Latihan Soal (7)
  • Otomatisasi Perkantoran (4)
  • Penelitian Perkantoran (1)
  • Pengantar Administrasi Perkantoran (23)
  • Pengantar Akuntansi (1)
  • Pengantar Ekonomi dan Bisnis (2)
  • Simulasi Digital (1)
  • Teknologi Pendidikan (2)
Back to top!
Copyright 2016 Referensi Plus - All Rights Reserved Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger