 |
Penulis : Santi Susantini, dkk |
1.1. Pengertian Administrasi secara etimologis
Secara etimologis, kata administrasi berasal dari bahasa Latin “ad+ministrare” dan ”administratio”. ad+ministrare
berarti melayani, membantu atau memenuhi (The Liang Gie,
1965), sementara administratio artinya pemberian bantuan, pelaksanaan,
pimpinan dan pemerintahan (Atmosudirdjo, 1986).
Dalam
bahasa Belanda administrasi berasal dari kata
“administratie”yangmeliputikegiatancatat mencatat, surat menyurat,
pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainyayang bersifat
teknisketatausahaan atau dikenal juga dengan istilah clrecical work.
(Suwarno Handayaningrat, 1988: 2).
1.2. Pengertian Administrasi Menurut Beberapa Ahli
Beberapa pengertian administrasi menurut para ahli, diantaranya:
- Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977) segenap rangkaian
kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok
orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.
- Parajudi Atmosudirjo, pengendalian dan penggerak dari suatu
organisasi sedemikian rupa sehingga organisasi itu menjadi hidup dan
bergerak menuju ketercapainya segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh
administrator yakni kepala organisasi.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, administrasi sebenarnya dapat dikelompokan kedalam 2 kategori, yaitu:
a. Pengertian Administrasi Secara Sempit
Administrasi
disamakan dengan kegiatan Tata Usaha yang berarti suatu pekerjaan
yang sifatnya mengatur segala sesuatu pekerjaan yang berhubungan dengan
tulis-menulis, surat-menyurat dan mencatat/membukukan setiap perubahan
atau kejadian yang terjadi di dalam organisasi” (The Liang Gie,1972).
b. Pengertian Administrasi Secara Luas
Administrasi
dalam arti luas dapat didefinisikan sebagai kegiatan kerjasama yang
dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana
ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya
untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Diposkan oleh
Unknown