Pekerjaan kantor adalah suatu kegiatan kesekretariatan dan administrative, yang berkaitan dengan kegiatan mengumpulkan/menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, dan menyimpan. Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi, kegiatan kesekretariatan dan administrative dapat dipermudah dengan perangkat komputer yang disebut dengan Otomasi Perkantoran (Office Automation/OA).
|
Otomasi Perkantoran |
1. Otomasi Perkantoran
Asal mula Otomasi Perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan word-processing untuk menjelaskan mesin TIK listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetic secara otomatis.
Kata “Otomasi” memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomasi kantor biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA. Otomasi kantor menurut O’Brien (1996) system informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara individual, grup-grup kerja dan organisasi.
Waluyo menjelaskan bahwa era Otomasi Perkantoran dimulai bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran.
Otomasi kantor terdiri atas semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan. Berikut konsep dari otomasi kantor:
- Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
- Otomasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
- Otomasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
- Otomasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik
- Otomasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
2. Aplikasi otomasi kantor
Berikut adalah beberapa aplikasi otomasi kantor yang sering digunakan :
- Microsoft Word
- Microsoft Excel
- Microsoft Power Point
- Microsoft Publisher
- Surat elektronik/e-mail
- Blog
- Web
- Konferensi Audio (Audio Conference)
Penulis Buku : Anih Kuraesin, S.Pd., dkk
Diposkan oleh
Unknown