• About
  • Daftar Isi
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

Referensi Plus

Penyedia referensi belajar khususnya bidang administrasi perkantoran

  • Home
  • Bidang Kejuruan
    • Pengantar Ekonomi dan Bisnis
    • Pengantar Administrasi Perkantoran
    • Pengantar Akuntansi
  • Dasar Kompetensi Kejuruan
    • Otomatisasi Perkantoran
    • Korespondensi Bahasa Indonesia
    • Korespondensi Bahasa Inggris
    • Kearsipan
    • Simulasi Digital
  • Kompetensi Kejuruan
    • Adminisrasi Kepegawaian
    • Administrasi Keuangan
    • Administrasi Sarana dan Prasarana
    • Administrasi Humas dan Keprotokolan
  • Dunia Pendidikan
    • Latihan Soal
    • Teknologi Pendidikan
    • Penelitian Perkantoran
Home » Bidang Kejuruan » Pengantar Administrasi Perkantoran » Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya

Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya

Unknown
Bidang Kejuruan, Pengantar Administrasi Perkantoran
29.11.16
Pengertian Perlengkapan Kantor

Penulis Buku : Santi Susantini, dkk - Perlengkapan  kantor  adalah  barang-barang  yang  digunakan untuk menghasilkan  suatu  pekerjaan kantor   yang   sesuai   dengan   yang diharapkan,   seperti   kertas,   karbon,   pita   mesin,   tinta,   perforator, numbering machine dan lain-lain.
Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya
Perlengkapan Kantor
Perlengkapan kantor yang baik akan memperlancar proses suatu pekerjaan, sehingga penyelesaian pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya

Pada dasarnya perlengkapan kantor terbagi menjadi dua macam, yaitu:
  1. Barang bergerak dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Barang habis pakai dan barang tidak habis pakai
  2. Barang tidak bergerak, misalnya tanah, gedung, dan bangunan.
Disamping   itu,   ada   beberapa   istilah   yang   berkenaan   dengan perlengkapan kantor, yaitu:
  • Perbekalan kantor (office supplies)
  • Mesin-mesin kantor (office machine)
  • Peralatan kantor (office appliances) 
  • Perabot kantor (office furniture)
  • Hiasan kantor (office ornament)
  • Pesawat kantor
  • Alat bantu peraga
Peralatan Kantor

Menurut The Liang Gie, “Peralatan kantor (office supplies) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaanya sehari-hari oleh pegawai tata usaha”.  Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan.”

Perabot Kantor

Drs. The Liang Gie dalam bukunya Kamus Administrasi Perkantoran, mengemukakan bahwa perabot kantor merupakan jenis perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal, yang mempunyai susunan (misalnya pintu-pintu atau laci-laci) dan diam di tempat.

Berikut ini adalah beberapa jenis perabot kantor yang biasa digunakan di lingkungan kantor, yaitu: meja, kursi, almari, filing cabinet dll.

Hiasan Kantor

Interior atau hiasan dapat menciptakan suasana kantor yang nyaman, indah dan serasi.

Pesawat Kantor

Dibawah ini adalah beberapa jenis dari pesawat kantor yang biasa digunakan dalam lingkungan kantor, yaitu:
  • Interkom 
  • Telepon
  • Switchboard
    Merupakan alat komunikasi yang terdiri dari papan panel lebar yang didalamnya terdapat saklar-saklar dan instrument lainnya yang berfungsi untuk menyampaikan isyarat/informasi dari satu tempat ke tempat lain.
    Pada dasarnya terdapat 2 macam sistem switchboard, yaitu:
    1. Sistem telepon kunci (key telephon)
    2. Sistem pemburuan (Hunting system)
  • Telephone Answering Machine
    Merupakan alat yang dapat digunakan untuk merekam/menjawab setiap pesan yang masuk.
  • Loud Speaking Telephone (Pengeras suara telepon)
    untuk memperbesar atau memperkeras volume suara telepon. 
  • Telex
    Adalah  jaringan teleprinter mirip  dengan  jaringan telepon yang berfungsi mengirim pesan berbasis teks. Untuk merekam dan mengirim
  • Faksimil
Mesin Kantor

Beberapa jenis mesin digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan kantor, berdasarkan kelompok fungsinya, yaitu:
a.  Mesin yang berfungsi untuk mencatat bahan keterangan
  1. Mesin Tik, 
  2. Mesin Dikte
b.  Mesin yang berfungsi untuk menghimpun bahan keterangan
  1. Mesin pembuka surat listrik (Electric Mail Opener)
  2. Mesin penjilid (Binding Machine)
  3. Hectmachine (Penjepret kertas)
  4. Mesin pemotong kertas
c.   Mesin yang berfungsi untuk mengolah bahan keterangan
  1. Mesin Jumlah (Electric Adding Machine)
  2. Mesin Hitung (mesin hitung manual dan elektronik)
  3. Mesin Cash register
d.  Mesin yang berfungsi untuk memperbanyak bahan keterangan
  1. Mesin stensil (mesin stensil manual dan elektronik)
  2. Mesin Scanner
  3. Mesin Spirit Duplicato
  4. Mesin Fotokopi
  5. Mesin Offset
e.  Mesin yang berfungsi untuk menyimpan bahan keterangan
  1. Mesin pelubang kertas (Perforator)
  2. Mesin penghancur kertas
Diposkan oleh Unknown
Tweet
Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya Title : Jenis-jenis Perlengkapan Kantor & Cara Menggunakannya
Description : Pengertian Perlengkapan Kantor Penulis Buku : Santi Susantini, dkk - Perlengkapan  kantor  adalah  barang-barang  yang  digunakan untu...
Rating : 5
← Newer Post Older Post → Home

Labels

  • Administrasi Humas dan Keprotokolan (5)
  • Administrasi Kepegawaian (1)
  • Administrasi Keuangan (1)
  • Administrasi Sarana dan Prasarana (1)
  • Kearsipan (1)
  • Korespondensi Bahasa Indonesia (1)
  • Korespondensi Bahasa Inggris (1)
  • Latihan Soal (7)
  • Otomatisasi Perkantoran (4)
  • Penelitian Perkantoran (1)
  • Pengantar Administrasi Perkantoran (23)
  • Pengantar Akuntansi (1)
  • Pengantar Ekonomi dan Bisnis (2)
  • Simulasi Digital (1)
  • Teknologi Pendidikan (2)
Back to top!
Copyright 2016 Referensi Plus - All Rights Reserved Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger