|
Penulis : Santi Susantini, dkk |
Syarat-syarat Personil Kantor
Secara terperinci persyaratan personil kantor meliputi beberapa hal dibawah ini:
Syarat Pengetahuan
Pengetahuan yang mendasar mengenai suatu profesi tertentu yang menjadi bidangnya.
Syarat Keterampilan
Persyaratan keterampilan ini menuntut personil kantor untuk dapat melakukan sesuatu pekerjaan dengan efektif dan efisien.
Syarat Kepribadian
Kepribadian
adalah keseluruhan sifat yang merupakan watak seseorang. Adapun
persyaratan kepribadian harus dimiliki oleh setiap personil kantor,
diantaranya adalah: loyalitas, tekun dan rajin, sabar, kerapihan dll.
Tugas & Tanggungjawab Personil Kantor
Dibawah
ini dijelaskan beberapa tugas dan tanggungjawab dari setiap personil
kantor berdasarkan kedudukan atau tingkatan jabatannya:
1. Top Manager (manajer umum, administrator, kepala kantor, dan sebagainya), tugas dan tanggungjawabnya antara lain :
- Menentukan
seluruh perencanaan, menerangkan tujuan yang akan dicapai, dan
memberikan gambaran tentang kebutuhan dari kantor;
- Menempatkan
orang yang cakap dalam kedudukan tertentu dengan memberikan upah
yang layak sesuai dengan hasil kerja yang dicapai;
- Melaksanakan pengawasan, menyerahkan tanggungjawab, dan kekuasaan kepada bawahan;
- Memelihara dan mengembangkan organisasi secara tepat;
- Memelihara dan mengembangkan sistem manajemen yang tepat;
- Menguasai dan menghayati tugas pokok dari badan usaha (organisasi).
2. Middle Manager (manager, kepala direktorat, kabag, dan sebagainya), tugas dan tanggung jawabnya antara lain :
- Menterjemahkan tujuan dari kebijaksanaan menjadi rencana kerja serta mengamati apa rencana tersebut telah dilaksanakan;
- Melakukan pembagian tugas kepada tingkat atau jabatan yang paling bawah;
- Menentukan prosedur khusus bagi tiap-tiap tugas;
- Menentukan batas waktu bagi pelaksanaan pekerjaan;
- Menentukan alat-alat pengawasan yang sesuai.
3. Lower Manager (Kasubag, Kasi, Supervisor, Mandor, dan sebagainya), tugas dan tanggung jawabnya antara lain :
- Memimpin pelaksanaan kerja;
- Memberikan petunjuk, bimbingan dan pegendalian kerja secara terus-menerus kepada bawahannya;
- Sebagai perantara antara manajer puncak dengan para pekerja (worker).
4. Worker (pekerja), tugas dan tanggung jawabnya antara lain :
- Bertanggung jawab langsung terhadap hasil dan mutu pekerjaan;
- Menjaga kualitas dari produk pekerjaan yang dihasilkan.
Diposkan oleh
Unknown