|
Fungsi Humas |
Penulis buku : Ssari Yuliati, dkk
a. Menurut Bernays (Ruslan, 2014) terdapat tiga fungsi Humas, yaitu:
- Memberi penerangan kepada masyarakat
- Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan
- Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.
b. Menurut Cutlip et al (Ruslan, 2014), terdapat lima fungsi humas, yaitu:
- Menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama
- Membina hubungan yang harmonis antara badan/organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran
- Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan/organisasi yang diwakilinya atau sebaliknya
- Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan manajemen demi tujuan dan manfaat bersama
- Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari badan/organisasi ke publiknya atau sebaliknya, demi tercapainya citra positif bagi kedua belah pihak.
c. Thomas L. Harris dalam bukunya Marketer’s Guide to Public Relations yang melahirkan
Marketing Public Relations (MPR), mengemukakan peranan Humas melalui formula PASP, yaitu:
- Publications/Publikasi
- Advertising/Periklanan
- Sales/Penjualan
- Promoting/Mempromosikan
- Personal Selling/ Menjual kemampuan diri
Berkaitan dengan fungsi humas/PR serta belajar dari sejarah kesuksesan Ivy Lee tahun 1906, Cutlip et al (Gafur, tahun tidak disebutkan) memandang ada dua syarat yang harus terpenuhi dalam menjalankan fungsi kehumasan dengan baik, yaitu:
- Mempunyai posisi yang dekat dengan pimpinan puncak organisasi sebagai sumber utama informasi dan pengambil keputusan tertinggi.
- Diberi kebebasan untuk berprakarsa penuh dalam memberikan informasi secara bebas dan terbuka.
Diposkan oleh
Unknown