|
Penulis Buku : Dra. Dwikora Hayuati, M.Pd., dkk |
Ada tiga kriteria untuk menentukan permasalahan yang baik dalam penelitian (Kerlinger, 2006 : 29-30), yaitu:
- Masalah harus mengungkapkan suatu hubungan antara dua variabel atau lebih.
- Masalah harus dinyatakan secara jelas dan tidak ambigu dalam bentuk pertanyaan.
- Masalah dan pernyataan masalah harus dirumuskan dengan cara tertentu yang menyiratkan adanya pengujian yang empiris.
Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan masalah adalah sebagai berikut :
- Otoritas peneliti dan fasilitas yang tersedia, terutama dana dan waktu;
- Data yang akurat serta kebermagnaan masalah yang diteliti
Tahapan melakukan kegiatan ilmiah adalah sebagai berikut :
- Mencari, menganalisis dan menetapkan masalah yang akan diteliti, dikembangkan atau dievaluasi,
- Mematangkan, memantapkan dan menghimpun sebanyak mungkin data dari permasalahan yang akan diuji.
- Mencari landasan keilmuan yang akan digunakan
- Menuliskan hasil-hasil kegiatan dengan menggunakan tata cara format sesuai dengan tujuan pelaporan Sebelum melaksanakan penelitian, perhatikan tiga pertanyaan pokok (Nazir, 1985) yaitu:
- Urutan kerja atau prosedur apa yang harus dilakukan dalam penelitian?
- Alat-alat (instrumen) apa yang akan digunakan dalam menganalisis data?
- Bagaimana melaksanakan penelitian tersebut?
Metode Penelitian Tindakan Kelas dalam Bidang Administrasi Perkantoran
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reserach (CAR). PTK adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. PTK dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Fokus masalah PTK pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, antara lain meliputi :
- Masalah belajar siswa
- Profesionalisme guru,
- Pengelolaan dan pengendalian kelas
- Model dan atau
- Strategi pembelajaran di kelas
- Alat bantu, media dan sumber belajar
- Sistem assesment atau evaluasi proses dan hasil pembelajaran
- Kurikulum.
Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan oleh guru (peneliti) dalam pelaksanaan PTK adalah sebagai berikut: Pertama, tindakan dan pengamatan dalam proses penelitian yang dilakukan tidak boleh mengganggu atau menghambat kegiatan utama. Kedua, masalah penelitian yang dikaji merupakan masalah yang cukup merisaukannya dan berpijak dari tanggung jawab profesional guru. Ketiga, metode pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang lama, Keempat, metodologi yang digunakan harus terencana, Kelima, permasalahan atau topik yang dipilih harus benar–benar nyata, menarik, mampu ditangani, dan berada dalam jangkauan kewenangan peneliti untuk melakukan perubahan. Keenam; memperhatikan etika dan tata krama penelitian, Ketujuh; kegiatan PTK pada dasarnya merupakan kegiatan yang berkelanjutan, Kedelapan, meskipun kelas atau mata pelajaran merupakan tanggung jawab guru, namun tinjauan terhadap PTK tidak terbatas dalam konteks kelas dan atau mata pelajaran tertentu melainkan dalam perspektif misi sekolah.
Diposkan oleh
Unknown